Home

Senin, 08 Agustus 2011

Interview with THE SATURDAY GUY




THE SATURDAY GUY adalah 3 pemuda dari bandung yang memainkan musik Indie Folk. EP mereka yg bertitel "Everlating doesn't last forever" baru baru ini direlease di England oleh label indiepop bernama Dufflecoat recs. Di Indonesia EP ini direlease oleh Shiny Happy Recs. Untuk tahu lebih dalam tentang THE SATURDAY GUY, Shiny Happy Recs menginterview Yossy lewat Yahoo Messenger. berikut perbincangan seru Eko dan Yossy, silahkan di simak:


shinyhappyrecords: Yos, awal terbentuknya the saturday guy gimana sih? Trus siapa aja orang-orangnya

yossy saturday guy: awal nya saya sendirian lalu ajak temen2 yg bs bass, drums, keyboard. setelah thn 2009, saya mulai mendapat jati diri musik saya yg ternyata jiwa musik nya ada di gitar pure akustik skrg ini jiwa2 utk main musik the saturday guy udah ada di Thonny Adrian (gitar/rythm backing vocal) dan adik saya ago(drums/percussions)

shinyhappyrecords: Jadi tsg hanya berdua?

yossy saturday guy: ber tiga sama saya
saya (gitar akustik, vocalis)

shinyhappyrecords: Tolong koreksi kalo saya salah, musik kalian folk/pop yang kental terpengaruh king of convenience? Gmn kalian mendeskrepsikan musik tsg?

yossy saturday guy: tenang saja eko, saya sgt menghargai utk masalah penilaian org terhadap genre (terutama genre di musik saya) kalo saya (jujur secara pribadi) mendeskripsikan musik saya dgn genre Indie Folk (krn sound kami akustik, dgn drum yg lembut/soft & bbrp perkusi, harmonika)  dan dream pop (akustik gitar dgn full delay dgn melodi mendayu2) sebenarnya bkn kings of convenience yg mempengaruhi kami tapi band2 dari sisi indie folk nya bisa disebut seperti Owen (U.S) , Angus & Julia Stone (Australia) , Kim janssen (Netherland), Neil Halstead (Mojave 3) dsb . dgn gitar akustik ber delay, saya kental memainkan pola note/pattern pop dgn ketukan down beat seperti The Sundays, Cocteau Twins, Math & physics club dsb, jadi saya bisa bilang itu adalah perpaduan antara indie folk dan dream pop.

shinyhappyrecords: Trus sudah ada berapa releasan sejauh ini?

yossy saturday guy: ini EP pertama yg sukses krn kami TSG sendiri puas secara pribadi releasean the saturday guy yg lain ada di kompilasi "sacred music" saya cover lagu as long as she's needed nya Trembling Blue Stars, ada di track 19, track terakhir di album sacred music, tp saya krg tahu. album itu sudah dirilis oleh gary sansom atau belum


shinyhappyrecords: Deskripsi yg menarik, saya penasaran ada apa dibalik nama the saturday guy?
 

yossy saturday guy: hmm lumayan rumit ini saya jawabnya, smoga bisa dimengerti 
1. saya tdk tahu apakah ini ambisi atau impian. tapi saya ingin jika setelah mati saya akan memiliki dunia saya sendiri, dan saya menjadi planet yg (mirip) saturn (saturnus). itu adalah planet terindah. kesimpulan pertama, saturday dari kata saturnus
2. mitologi yunani, God of Saturday adalah Planet Saturnus (Dewa hari Sabtu) http://en.wikipedia.org/wiki/Saturn_%28mythology%29 Saturn is the namesake of both Saturn, the planet, and Saturday (dies Saturni).


shinyhappyrecords: Wah saya sama sekali ga kepikiran ke situ yos soal filosopi nama band kalian..sangat dalam


  yossy saturday guy: blm selesai ini juga mas eko, msh ada arti lain nya
 

shinyhappyrecords: Ok maaf dipotong... Silahkan dilanjutkan hehehe
 
yossy saturday guy: krn harap maklum, saya belajar filsafat , pecinta mitologi yunani dan astronomi, hihihi

shinyhappyrecords: Silahkan yos...dilanjutkan


yossy saturday guy: duh maaf, arti ke 3. the sad true day *ini plesetan yg paling pas sepertinya (plesetan dr beberapa teman yg mengenal saya, mereka berasumsi bahwa sebenarnya saya berniat menyelipkan (dgn misterius) didalam kata saturday itu ada kata sad ditengah2 nya)

shinyhappyrecords: Ehmm... Got the message


yossy saturday guy: kesimpulan 3 : hari sabtu yang sungguh sedih


shinyhappyrecords: Kenapa sad?


yossy saturday guy: silahkan bisa dilihat di lirik2 lagu the saturday guy nya hehe

semua pertanyaan2 krn kegelisahan dan keresahan dlm hidup pertanyaan2 yg tdk pernah terjawab bisa dimengerti tapi tidak bisa direalisasikan sebuah jalan yg "stuck" .. dan ujung2 nya hrs mengalami kebencian terhadap "sesuatu yang tak terbatas di luar kemampuan manusia" dan saya hanya bisa menulis lirik (berfilosofi) dgn metafora metaforatentang complicated lifekalo saya berpikiran seperti org mayoritas maka saya mungkin bisa berasumsi "dlm hidup ini ada takdir atau nasib yg mengatur hidup atau apapun itu namanya"dan jika hal itu ada. maka hal itu lah yg paling saya benci dari smua hal di dunia ini yg menimbulkan keresahan, kegekisahan dan beribu pertanyaan2



Shinyhappyrecords: Jadi intinya kebencian akan taktir ?

yossy saturday guy
: ya benar, tapi sayangnya, disini saya tidak percaya takdir atau nasib.. hehe saya hanya bertanya2 dlm hidup, kenapa begini, knp begitu? apakah saya tidak dapat merubahnya? seperti apa yg saya mau? nah gitu intinya mas eko






shinyhappyrecords: Balik lagi ke ep "everything doesn't last forever", apa sih cerita dibalik title ini?

yossy saturday guy: *ini juga rumit . harap maklum sekali.

shinyhappyrecords: Silahkan dijabarkan


yossy saturday guy: 1. Everlasting Doesn't Last Forever , saya selalu berpikir bahwa apapun didunia ini tidak ada yg abadi bahkan sesuatu yg org2 bilang itu bisa abadi (pst anda sering melihat kompilasi yg bernama Everlasting Love, Immortality dsb)


shinyhappyrecords: Hehehe everlasting love.


yossy saturday guy: hehe nangkep yah mksd saya


shinyhappyrecords: Iya.. Lanjutkan

yossy saturday guy: 2. Saya kaitkan kalimat di tittle ini dgn analogi bhiksu yg merokok dan bermain gitar bhiksu sperti yg kita smua tahu. org suci, menjaga kesucian dlm menuruti perintah kitab suci, jalan hidup yg sgt sgt manusiawi, tp dibalik itu dia punya hati yg "idealis" . dia menemukan sesuatu seperti rokok dan kesegaran jiwa dgn bermusik
intinya : "tidak selamanya bhiksu adalah BHIKSU" tdk selamanya bhiksu itu kaku, taat aturan, taat tuhan nya, dia pun bisa menuruti kata hati utk mencari kebahagiaan dan cara dia menikmati hidup nya. "tanpa keluar dr batas manusiawi n sama sekali" 3. memberi pesan pada semua orang, bahwa inilah kenyataan yg ada dalam hidup. kehilangan sesuatu apapun, maka haruslah diterima. kembali kepada "sesuatu yg tak terbatas diluar kemampuan manusia"



shinyhappyrecords: Bicara tentang proses rekaman nih yos, kalian ngerekam materi lagu ini dimana sih?

yossy saturday guy: di bogor

shinyhappyrecords: Jadi sebenernya kalian band bandung apa bogor nih?

yossy saturday guy: bandung

yossy saturday guy: di bogor hanya tempat kita rekaman saja
ditempat adik saya ago

shinyhappyrecords: Itu di studio atau kamar? Gmn proses rekamanya yos?
 
yossy saturday guy: ah cuma di kamar pake soundcard dan PC saja, kita hanya band amatiran pas pasan hehe yg paling ribet adalah drums n percussions yg dimainkan ago
alat2 dia banyak seperti chimes, (dia pinjem diem diem dr gereja) dibawa kekamar spy bs ditodong mic, krn ga mgkn bawa PC nya ke gereja bass pun pinjem

shinyhappyrecords: Iy ga apa2 yos asal jangan uang kolekte gereja juga di pinjem hehehe
yossy saturday guy: hehe

yossy saturday guy: ga lah

shinyhappyrecords: Just kidd

yossy saturday guy: kebetulan adik saya guru drum disitu, jd aman2 saja
*untungnya

shinyhappyrecords: Yos, cerita donk tentang etchnic version dari you don't need a fool like me!

yossy saturday guy: itu saya rekaman jam2 pagi di studio temen jam 2 pagi
saya kolaborasi sama seniman dari sumedang, sahabat karib di seniman bangun pagi (komunitas pemusik jalanan)namanya kang Ato. Dia main suling bambu sunda
di awal lagu dan saya rubah tune gitar di senar2 tertentu, skr saya uda lupa itu tune settingan nya gmn. kok bisa sama sama sulingyossy saturday guy: *ajaib

shinyhappyrecords: lalu disitu ada latar suara sungai atau air terjun?

yossy saturday guy: oh itu , itu akuarium . jaraknya 4 meter dr pintu studio temen
saya todong pake mic

shinyhappyrecords: Sadis...

yossy saturday guy: sblm saya rekaman sama kang Ato, saya punya konsep di otak "ini lagu harus terdengar seperti sedang di pegunungan tibet bersalju (alias tempat bhiksu2 ) "
dan intro ini sengaja seperti lagu pengiring meditasi atau yoga, berbau dataran tinggi tibet
maka hrs ada suarau natural seperti air utk menyatu dgn alam
yossy saturday guy: *suara

shinyhappyrecords: Edan, benar benar terkonsep

yossy saturday guy: Terimakasih untungnya, kang ato bisa memainkan note seperti itu dgn suling bambu (krn biasanya suling bambu dimainkan dgn nada yg sunda bgt)
 
shinyhappyrecords: Makanya saya awalnya agak bingung.. Ini etchnic sunda atau apa ya kok terdengar seperti lagu dataran china..seperti film kungfu
 
yossy saturday guy: tepat ,itu lah konsep nya (pegunungan tibet tempat para bhiksu dilahirkan)itu ethnic tibet. Sebenernya saya dapet inspirasi itu waktu meditasi di kuil di daerah lembang
 
shinyhappyrecords: Gimana ceritanya tuh bisa sampe meditasi disana?

Yossy saturday guy: menenangkan diri: saya suka pergi ke gunung bawa gitar
kadang saya duduk di bawah pohon di lembah, atau di kebon sayur yg ga mgkn ada orang disekitar situ (kcuali petani2) klo uda malem saya pindah ke atap/balkon atas rumah.ditempat2 itulah inspirasi ku datang
 
shinyhappyrecords: Bagaimana jika pohon2 itu lembah2 itu nantinya berubah jadi gedung2 pencakar langit? apa kamu akan berhenti main musik?
 
yossy saturday guy: ah tidak..aku pst menemukan landscape2 baru lg..: selalu ada gunung2 di dataran bandung ini yg blm terjamah manusia kok


shinyhappyrecords:
Ceritain donk yos gmn ep ini bisa nyasar sampe ke England
 dan Gmn perkenalan kamu sama Gary!
 
yossy saturday guy: ya ampun. mgkn itu "miracle"awalnya hanya teman biasa saja.. saya bahkan ga pnh berpikiran dia itu akan membuat sebuah records sejak saya kenal Gary, byk "impian" dlm list hidup saya yg ter finishkan, saya beruntung sekali kenal Gary, lebih beruntung lg. dia suka lagu2 saya dan dia mau merilisnya dengan senang hati

shinyhappyrecords: Pasti banyak fans dari luar sana setelah ep ini direlease ya ? Gimana respon mereka?
 
yossy saturday guy: saya malah ga tau fans saya siapa aja sebagian besar bukan temen saya dan saya ga kenal mereka
 
shinyhappyrecords: Ya itu dia yg dinamakan fans hehehe
 
yossy saturday guy: sejauh ini respon (yg deket2 atw dr teman2 saya sendiri)
mereka suka lagu2 nya, oh ya mungkin begitu. itu fans namanya yah? hehe
saya lebih suka mereka disebut "listener"


shinyhappyrecords: Lanjut yos

yossy saturday guy: please
 
shinyhappyrecords: Gig gmn yos, kalian sering manggung manggung ga? Ada cerita menarik sekitar manggung kalian?
 
yossy saturday guy: manggung. haha
 
shinyhappyrecords: Hahah iya begitulah bahasa kondangnya gig
 
yossy saturday guy: kita cuma maen di gig2 kecil sperti garrage sale atau di car free day dago pas hari minggu atau di acara kampus unpar (krn temen2 thony *gitaris ku jg ada yg suka lagu2ku) tapi kita hanya maen di gig kalo ada undangan aja
 
shinyhappyrecords: Itu yg bawain lagu koc aku liat di youtube itu gig dimana?
 
yossy saturday guy: itu di garrgae sale nya temen2ku dr unpar *garrage
gig kecil2 an aja utk menghibur yg belanja hehe
 
shinyhappyrecords: Yg nonton dibelakang kamu cewek geulis euy hahahha
 
yossy saturday guy: haha itu pacarnya temen ku kita kolaborasi utk lagu the sundays
dia singer n guitarist nya, suaranya pas utk lagu the sundays
 
shinyhappyrecords: Pantesan deket sekali ya di Video itu kirain dia diehard fansnya tsg heheh
 
yossy saturday guy: diehard? bruce willis itu film favorit dr saya kecil Hahaha
namanya alfa, kita juga upload di youtube pas cover lagu the sundays
 
shinyhappyrecords: Kalo saya suka karate kid yg lama hehehe
 
yossy saturday guy: haha tapi saya paling suka MacGyver
dan Back to the future*marty Mcfly
 
shinyhappyrecords: Saya lebih suka my secret identity atau the greatest american hero hehehe
 
yossy saturday guy: jd sharing childhood movies
 
shinyhappyrecords: Hahahaha

shinyhappyrecords: Lanjut yos pertanyaan yg ga ada hubunganya sm musik
 

yossy saturday guy: silahkan, saya takut ditanya tentang cinta..
jangan yah
 

shinyhappyrecords: Hahaha, Karena kamu bilang gt, ya ud bisa diceritakan gmn kisah percintaan kamu yos
 

yossy saturday guy: ah tuh kan bener, ga mau jawab mas eko
maaf, makanan kesukaan saya saja yah
 

shinyhappyrecords: Apa itu dituangkan dalam lagu even If I gaze?
Hehhe
 

yossy saturday guy: -_--_-" ampun mas ga bisa jawab saya
saya mau nanya dulu. apakah di lagu even if i gaze . artinya sungguh mudah dimengerti yah?
 

shinyhappyrecords: Mungkin kalo orang langsung mengartikan lyric itu dengan hanya sekali mendengar lagu itu bisa dibilang iya
Tapi saya yakin itu ada makna lain
 

yossy saturday guy: tepat dugaanku hmmm...apakah saya HARUS menjawab nya ?
atau saya boleh memilih utk tidak menjawab?
 

shinyhappyrecords: Iya donk... Jawab jawab jawab..
 

shinyhappyrecords: Kegiatan sehari hari apa aja yos selain main musik?

yossy saturday guy: cari nafkah hehe
 
shinyhappyrecords: Apa rencana kedepan yos buat tsg ? Terobsesi utk jadi band besar ga?
 

yossy saturday guy: ga ada, bln Agustus pertengahan ni saya mau ke bogor recording album berikutnya title albumnya "Snow Sighing on Winter" album dgn tema musim dingin , utk mendinginkan pikiran sampai akhir tahun
 

shinyhappyrecords: Bakal direlease dufflecoat lagi?
 

yossy saturday guy: iyah
 

yossy saturday guy: eko pun boleh merilisnya kalo berminat
 

shinyhappyrecords: Minat sekali yos

yossy saturday guy: terimakasih sekali , saya menghargainya


shinyhappyrecords: Ya sudah yos...kayaknya  sudah semua saya tanyakan... sudah jam 2 pagi jg..thanks ya atas waktunya.
 
yossy saturday guy: sama sama eko, saya terimakasih juga





Dengar lagu The Saturday Guy disini:
http://soundcloud.com/yossy_saturdayguy/the-saturday-guy-even-if-i



0 komentar:

Posting Komentar